Studio SHAFT – Who are they?

SHAFT, Inc (有限 会社 シャフト) Adalah sebuah studio animasi Jepang yang didirikan pada tanggal 1 September 1975 oleh Hiroshi Wakao. Mereka terkenal akan ciri khas artwork mereka yang unik untuk lelucon dan referensi terutama dalam seri Pani Poni Dash, Maria Holic!, Sayonara Zetsubō Sensei, Sketsa Hidamari,Mahou Shoujo Madoka Magica, dan Bakemonogatari.

Sejarah

SHAFT  didirikan pada tanggal 1 September 1975 oleh Hiroshi Wakao, mantan animator Mushi Production. Perusahaan ini awalnya didirikan untuk menggambar animasi tetapi kemudian mereka memisah dan bekerja pada produksi animasi sebagai subkontraktor. Mereka mampu memproduksi seri asli mereka sendiri pertama, Yume kara samenai (夢から、さめない) pada tahun 1987.

Pada tahun 2000, setelah bekerja sama dengan Gainax untuk menghasilkan sebuah DVD khusus Gunbuster Remaster, mereka memproduksi bersama lagi dengan Gainax untuk menghasilkan Mahoromatic, This Ugly and Beautiful World, and He is My Master. Setelah Hiroshi Wakao pensiun pada tahun 2004, Kubota Mitsutoshi diangkat menjadi wakil direktur Shaft itu. Kelompok menggambar mereka juga digabungkan dalam rangka memperkuat kelompok digital mereka.

Karakteristik

Sejak tahun 2004 Shinbo Akiyuki, Tatsuya Oishi dan Shin Onuma berpartisipasi dalam sebagian besar produksi Shaft dan membuat studio ini menjadi terkenal ciri khasnya ini. SHAFT begitu unik dengan segala cara dibandingkan dengan studio anime lain. Masalahnya adalah Shinbo Akiyuki membawa efek yang kecil menjadi ke arah yang ekstrim dan membuat sendiri ‘ciri khas mereka’. Ciri khas mereka sekarang bahkan dianggap ‘brand’ karena sangat khas dan mereka tidak pernah berubah gaya ini terlepas dari apa anime yang mereka hasilkan.

@Bakemonogatari

@Denpa Onna to Seishun Otoko

Kepala miring 45 derajat khas SHAFT


Pemotongan gambar, sudut camera yang aneh, dan pengambilan yang sangat dekat adalah beberapa pilihan arah tipikal yang mereka terapkan.Ciri khas mereka adalah karena dari anggaran produksi mereka yang ketat. Hal-hal yang lainnya juga seperti latar belakang yang aneh dan berpola dan penggunaan banyak simbol dan teks juga termasuk dalam kategori ini, itu benar-benar adalah ciri khas mereka sekarang. Tidak terkait juga mereka cenderungan memasukkan tulisan di latar belakang yang tersembunyi sehingga menarik orang untuk menekan tombol pause untuk mengetahui tulisan tersebut. Tidak lupa juga mereka adalah menggunakan foto orang asli seperti ending Episode Arakawa Under The Bridge. seperti yang lainnya ini juga dilakukan untuk menekan jumlah anggaran dalam OP dan ED. Hal lain yang benar-benar penting tentang Shaft adalah ‘akhir gambar pratayang’. Pada akhir dari semua episode, Shaft selalu menampilkan gambar dari Doujin, animator lain, mangakas dan bahkan beberapa yang terkenal seperti Hiro Mashima (pengarang rave). Hal ini menjadi lebih seperti tradisi Shaft bersama dengan arah yang unik mereka, dan hal ini akhirnya menjadi tren dan diikuti untuk setiap seri seperti Ore no Imouto and Kami Nomi zo Shiru Sekai.

@Mahou Shojo Madoka Magica

@Bakemonogatari

Latar belakang khas SHAFT

Ciri khas mereka biasanya cocok dengan seri dengan yang banyak percakapan, seperti Bakemonogataridan Sayonara Zetsubou Sensei, namun dikritik karena membuat bosan penonton. Shaft juga dikenal dalam perbaikan adegan di DVD / BD versi. Ini adalah semacam strategi pemasaran tetapi pada saat yang sama, itu juga bahan utama untuk membangun basis penggemar mereka sendiri.

Works of SHAFT

List of Works by Shaft:
1995: Junni Senshi Bakuretsu Eto Ranger
1997: Sakura Diaries
2000: Dotto koni-chan
2001~2002: Mahocromatic (with GAINAX)
2003: Popotan
2004: This Ugly Yet Beautiful World (joint with GAINAX)
2004: Tsukuyomi: Moon Phrase
2005: He is my master (with Gainax)
2005: Pani Poni Dash!
2006: REC
2006: Negima!?
2007: Hidamari Sketch
2007: Sayonara Zetsubou Sensei
2007: Ef – a tale of memories
2008: Hidamari Sketch x 365
2008: Zoku Sayonara Zetsubou Sensei
2008: Ef – a tale of melodies
2009: Maria+Holic
2009: Natsu no Arashi!
2009: Bakemonogatari
2009: Zan Sayonara Zetsubou Sensei
2009: Natsu no Arashi! Aki nai chu
2010: Hidamari Sketch x ☆☆☆
2010: Dance in the Vampire Bund
2010: Arakawa Under the Bridge
2010: Arakawa Under the Bridge x Bridge
2010: Soredemo Machi wa mawatteiru
2011: Mahou Shoujo Madoka☆Magica
2011: Denpa Onna no Seishun Otoko
2011: Maria=Holic Season 2
*Planned:
2012: Kizumonogatari(Movie)
????: Hidamari Sketch 4th season

Source :

http://en.wikipedia.org/wiki/Shaft_%28company%29

http://myanimelist.net/forum/?topicid=294232

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s